Rabu, 13 November 2013

Perbedaan Waterfall dan Spiral Model (Rekayasa Perangkat Lunak)

Perbedaan Waterfall Model dan Spiral Model


Letak perbedaan yang sangat mencolok dari Waterfall model dan Spiral model tentu saja dari tahap - tahap untuk membuat suatu perangkat lunak pada waterfall model tahap - tahap pengerjaan perangkat lunaknya selalu mengalir kebawah seperti air terjun dengan tahap - tahapnya antara lain Analisis dan Definisi Persyaratan lalu kemudian Perancangan Sistem Desaign kemudian Implementasi dan Programing lalu Integrasi dan Pengujian Sistem kemudian Operasi dan Pemeliharaan.
Sedangkan pada Spiral Model mempunyai tahap - tahap yang antara lain Komunikasi Pelanggan kemudian Perencanaan lalu Analisis Resiko kemudian akan di lanjutkan di Perekayasaan setelah itu memasuki tahap Konstruksi dan Peluncuran dan terakhir adalah tahap Evaluasi Pelanggan.

Dari perbedaan tahap - tahap tersebut kita sudah dapat melihat dan memilih Model manakah yang lebih bagus di gunakan untuk keperluan kita. Jika kita hanya memerlukan sebuah perangkat lunak untuk perusahaan atau proyek kecil kita dapat memakai Waterfall Model dikarenakan tidak adanya pengembangan lagi setelah perangkat lunak tersebut dipasang sedangkan jika kita memerlukan sebuah perangkat lunak untuk perusahaan atau proyek yang berskala besar
maka kita dapat menggunakan Spiral Model dimana pada model ini kita bisa mengembangkan perangkat lunak yang telah kita pasang sehingga perangkat lunak tersebut bisa terus berkembang seiring dengan kebutuhan kita atau penggunanya.

Selain dari perbedaan tahap - tahap dari kedua model tersebut, tentu saja pada kelebihan dan kekurangan dari dua model tersebut juga berbeda.
Perbedaannya dari kelebihannya yaitu pada Waterfall model memiliki keuntungan dengan model ini mudah di kontrol dan mudah di implementasikan sedangkan keuntungan pada Spiral Model yaitu dapat digunakan sepanjang hidup dan mudah di pahami dan bereaksi terhadap resiko pada tiap tahapan pada prosesnya.

Sedangkan Kekurangan pada kedua model ini antara lain kekurangan pada Waterfall Model yaitu perangkat lunaknya tidak dapat di ubah lagi model yang tidak bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama dan kekurangan pada Spiral Model yaitu sulit untuk di kontrol dan butuh waktu yang lama dalam pembuatan suatu perangkat lunak.

3 komentar: