Selasa, 10 Desember 2013

Aplikasi - Aplikasi Database

Halo teman – teman ketemu dengan saya lagi potatobanana kali ini kita akan membahas aplikasi – aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat suatu database.

Tapi sebelum kita membahas aplikasi – aplikasi apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat database kita harus mengetahui dahulu apa itu database. Nah database itu adalah suatu kumpulan informasi yang kita simpan dalam computer kita secara sistematik agar kita bisa memperoleh beberapa informasi dari basis data yang kita simpan tersebut, kurang lebih begitulah pengertian database itu sendiri. Berikutnya saya akan menjelaskan beberapa aplikasi – aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat database.

Berikut adalah aplikasi – aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat database beserta tujuan maupun pengertian dari aplikasi – aplikasi berikut.

Microsoft Access ( Microsoft Office Access)

Microsoft Access ( Microsoft Office Access) adalah suatu program aplikasi basis data computer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil – kecilan hingga mungkin perusahaan menengah. Aplikasi ini merupakan satu dari aplikasi yang berada pada Microsoft Office. Microsoft Access ini dapat juga menggunakan data yang disimpan di dalam beberapa format file yang ada misalnya Microsoft Access itu sendiri, Microsoft jet Database Engine, Microsoft SQL server, Oracle Database, maupun semua container basis data lainnya yang bisa mendukung.

Oracle

Oracle merupakan sebuah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu system manajemen basis data. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk berbagai macam aplikasi yang bisa dijalankan pada banyak perangkat keras maupun merk computer.

Firebird

FirebirdSQL adalah system manajemen basis data relasional yang menawarkan banyak fitur yang telah terdapat dalam standar ANSI. Firebird bisa berjalan dengan baik pada Linux, Windows, maupun pada sejumlah OS berbasis Unix lainnya. Firebird ini merupakan turunan dari interbase versi open source milik Borland.

Sekian dulu dari saya :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar